Rabu, 19 Desember 2018

# Others # Review

REVIEW KELAS BLOGGING

Blogging ini memang bukan hal baru buat saya, tapi untuk tahu lebih mendalam ya baru kali ini di kelas blogging dari Joeragan Artikel. Dan wow, satu hari menjelang hari terakhir saya bisa senyum-senyum sendiri pas lihat tampilan blog saya jauh berbeda dari awal.

Sejujurnya di awal kelas saya merasa kelas ini boring banget. Dua hari tugasnya cuma di suruh. Nggak tanggung-tanggung sekali tugas langsung tiga artikel. Buat saya yang masih newbie ini kagok dong. Akhirnya menghabiskan waktu seharian di depan laptop buat beresin hari itu juga. memang terkesan bikin jenuh tapi artikel tentang profil kita sebagai pemilik akun juga aturan yang kita pilih harus dibuat sebagai pondasi awal blog kita. biar orang yang berkunjung tahu pemiliknya juga cara main disana.

Anehnya, pas proses bikin artikel itu lancar aja gitu. Ya memang belum sampai di target yang seharusnya. Cuma rasanya happy aja jalaninnya. Kaya serotonin di otat itu nggak ada habisnya. Sampe-sampe pas lihat jam udah tengah hari.

Apa kabar anak-anak? Alhamdulillah mereka asik maen di luar. Sesekali pulang buat minum atau ngasih laporan.

Masuk di hari ketiga sudah ada materi tentang blog, yaitu ganti template dan buat header. Kendala utama di kelas ini itu tentu saja jaringan internet. Alhamdulillah di rumah, meski di kota, teteap aja sinyal nggak terlalu lancar. Padahal udah pakai provider yang katanya mahal itu. nggak maksud sombong sih tapi emang provider itu paling lancar dirumah. Dan bersyukurnya lagi adalah pas lagi ngerjain sinyal lagi 4G jadi bisa connect ke laptop.

Untuk saya materi ini nggak terlalu rumit tergolong mudah malah. Asal paham dulu. dan memang benar, pas proses ngerjain sekali coba langsung berhasil. Sementara yang buat saya agak susah itu pas bikin header. Kalau mengikuti step by step nya nggak masalah. Yang jadi masalah adalah menemukan desain yang sesuai dengan selera saya. Karena saya nggak bisa desain akhirnya pasrah saja dengan hasil yang peling mendekati selera. Meski dalam hati belum 100% suka.

Lanjut materi berikutnya pasang profile, menu dan wedget. Alhamdulillah lumayan ribet, apalagi pas bagian coding yang dipercobaan pertama hasilnya error. Ditambah jaringan lelet. Padahal udah hijrah ke tempat yang ada wifi tapi nggak terlalu menolong. Akhirnya dua jam dihabiskan dengan cuma selesai satu materi aja yaitu pasang profile.

Memang di materi ini terutama untuk orang yang awam tentang coding mengcoding pasti mengalami kesulitan. sebenarnya tahapan dari materi yang diberikan cukup jelas dan mudah dimengerti. tetapi karena materinya baru pertama kali dipelajari jadi butuh proses adaptasi dulu terutama untuk istilah-istilah dalam IT. Sabar dan telaten kudu dipake seperti yang sudah diingatkan mentor. Akhirnya tengah malam pun selesai. Dan esok hari tak sampai 15 menit materi terakhir pun selesai.


 Dan jadilah blog saya udah super cantik. Untuk sementara ini. Namanya manusia memang nggak pernah ada puasnya. Satu pencapai sukses maka akan mengharapkan sesuatu yang lain pula. Asal tidak berubah menjadi ambisi yang menyeret seseorang pada hal negative. Semua itu nggak jadi masalah.

2 komentar:

  1. Salam kenal, saya Ayasha. Blog milik Ibu rapih dan cantik sekali... membuat saya termotivasi. jangan lupa kunjungi blog ku ya, di ayashakhusna.blogspot.com

    BalasHapus

Follow Us @soratemplates